Terbaru

Monday, July 19, 2021

Monday, July 19, 2021

PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN SMK

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

 

KOMPETENSI INTI 3

(PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4

(KETERAMPILAN)

3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 

Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan

 

No

KOMPETENSI DASAR (3)

KOMPETENSI DASAR (4)

Materi

1

Memahami sikap  dan perilaku wirausahawan

Mempresentasi

kan  sikap dan perilaku wirausahawan

B4CA MATERI

2

Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa

Menentukan peluang usaha   produk barang/jasa

B4CA MATERI

3

Memahami hak atas kekayaan intelektual

Mepresentasikan hak atas kekayaan intelektual

B4CA MATERI

4

Menganalisis konsep  desain/ prototype  dan kemasan produk barang/jasa

Membuat desain/ prototype dan kemasan produk

barang/jasa

B4CA MATERI

5

Menganalisis proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa

Membuat alur dan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa

B4CA MATERI

6

Menganalisis lembar kerja /gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa

Membuat lembar kerja /gambar kerja untuk pembuatan prototype produk barang/jasa

 

B4CA MATERI

7

Menganalisis biaya produksi prototype produk barang/jasa

Menghitung biaya produksi prototype produk barang/jasa

B4CA MATERI

8

Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa

Membuat prototype  produk barang /jasa

B4CA MATERI

9

Menentukan pengujian kesesuaian fungsi  prototype produk barang/jasa

Menguji prototype

produk barang/ jasa

B4CA MATERI

10

Menganalisis perencanaan    produksi  massal

Membuat perencanaan   produksi massal

B4CA MATERI

11

Menentukan indikator keberhasilan tahapan  produksi massal

Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi missal

B4CA MATERI

12

Menerapkan  proses produksi massal

Melakukan   produksi massal

B4CA MATERI

13

Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa

Melakukan

perakitan produk barang/jasa

B4CA MATERI

14

Menganalisis prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa

Melakukan pengujian produk barang/jasa

B4CA MATERI

15

Mengevaluasi kesesuaian hasil produk dengan rancangan

Melakukan  pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar operasional

B4CA MATERI

16

Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa

Menyusun paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa

B4CA MATERI

17

Menentukan media promosi

 Membuat media promosi berdasarkan segmentasi pasar

B4CA MATERI

18

Menyeleksi strategi                 pemasaran

 

Melakukan  pemasaran

B4CA MATERI

19

Menilai perkembangan usaha

 

Membuat bagan  perkembangan usaha

B4CA MATERI

20

Menentukan standard laporan keuangan

Membuat Laporan Keuangan

B4CA MATERI

 SELAMAT BELAJAR

Wednesday, May 26, 2021

Wednesday, May 26, 2021

Kisi Kisi Penilaian Akhir Semester Genap Prakarya SMP

 Jenjang Pendidikan : Pendidikan Menengah

Kelas/Semester : VIII/II

Mata Pelajaran : Prakarya

Kurikulum Acuan : Kurikulum 2013

Alokasi Waktu : 90 menit

Jumlah Soal : 45 soal

Bentuk Soal : 40 Pilihan ganda 5 Uraian

Materi : 

Materi 1 (lihat materi)

Materi 2 (lihat materi)

Materi 3 (lihat materi)

Materi 4 (lihat materi)

Materi 5 (lihat materi)

Materi 6 (lihat materi)


Materi

Indikator Butir Soal

No Soal

Bentuk Soal

Pengertian pengolahan bahan setengah jadi

Peserta didik dapat menunjukkan pengertian pengolahan bahan setengah jadi

1

 

PG

 

Pengertian serealia, kacang-kacangan, dan umbi serta contohnya

Peserta didik mampu menunjukkan pengertian serealia

2

PG

Peserta didik mampu menunjukkan contoh biji-bijian serealia

3

 

PG

 

Peserta didik mampu menunjukkan contoh kacang-kacangan

4

PG

Peserta didik mampu menunjukkan jenis umbi

5

PG

 

Disajikan ilustrasi serealia, peserta didik mampu menyebutkan contoh dari serealia

41

Uraian

Olahan pangan setengah jadi dari serealia, kacang-kacangan, dan umbi

Peserta didik mampu menunjukkan olahan setengah jadi dari serealia dengan bentuk butiran halus

6

 

PG

 

Peserta didik mampu menunjukkan olahan pangan setengah jadi dari umbi dengan bentuk pipih

7

PG

Peserta didik mampu menunjukkan bahan utama rengginang

8

PG

Peserta didik mampu menunjukkan olahan setengah jadi dari jagung

9,10

PG

Peserta didik mampu menunjukkan bahan dari pop corn

11

PG

Peserta didik mampu menunjukkan olahan setengah jadi dari umbi dengan bentuk butiran besar

12

 

PG

 

Peserta didik mampu menunjukkan bentuk olahan setengah jadi (makaroni)

13

PG

Peserta didik mampu menunjukkan olahan pangan setengah jadi dari serealia dengan bentuk pipih tipis

14

PG

 

Peserta didik mampu menyebutkan produk olahan setengah jadi dari serealia dengan bentuk butiran halus

42

Uraian

Pengelompokan zat gizi

Peserta didik mampu menunjukkan arti “ghidza”

15

PG

Peserta didik mampu menunjukkan contoh zat gizi protein

16

PG

Peserta didik mampu menunjukkan zat gizi pada gandum

17

PG

Olahan dari bahan setengah jadi

Peserta didik mampu menunjukkan jenis makanan yang dihasilkan dari jenis serealia (dengan bentuk butiran halus)

18

PG

Peserta didik mampu menunjukkan jenis kacang-kacangan yang biasa digunakan di minuman ronde

19

PG

Peserta didik mampu menunjukkan asal kue Adee

20

PG

Peserta didik mampu menunjukkan asal Jenang

21

PG

Teknik pengolahan

Peserta didik mampu menunjukkan teknik memasak yang digunakan untuk memasak nasi jagung

22

PG

Peserta didik mampu menunjukkan teknik memasak yang digunakan untuk membuat Jasuke

23

PG

Peserta didik mampu menunjukkan teknik memasak yang digunakan untuk membuat bakpia

24

PG

Peserta didik mampu menunjukkan teknik memasak yang digunakan untuk menggoreng rengginang

25

PG

 

Disajikan ilustrasi gambar proses pembuatan tempe, peserta didik mampu menjelaskan langkah-langkah pembuatan tempe dengan bahasanya sendiri

43

Uraian

Disajikan gambar olahan pangan, peserta didik mampu menunjukkan nama olahan tersebut

26

PG

Disajikan gambar olahan pangan, peserta didik mampu menentukan teknik memasak yang digunakan

27

PG

Disajikan gambar olahan pangan, peserta didik mampu menentukan alat saji tradisional yang tepat digunakan

28

PG

Disajikan langkah-langkah pembuatan bubur sum-sum secara acak, peserta didik mampu mengurtkan langkah-langkah dengan benar

44

Uraian

Jenis dan manfaat hasil samping serealia, kacang-kacangan, dan umbi

Peserta didik mampu menunjukkan hasil samping dari padi yang dapat digunakan untuk bahan utama membuat bolu ataupun kue kering

29

PG

Peserta didik mampu menunjukkan gambar yang merupakan hasil samping dari singkong

30

PG

Peserta didik mampu menunjukkan gambar yang merupakan hasil samping dari kacang kedelai

31

PG

Peserta didik mampu menunjukkan gambar yang merupakan hasil samping dari ubi jalar

32

PG

Peserta didik mampu menentukan hasil samping yang memiliki manfaat Dapat melancarkan pencernaan,membantu sirkulasi darah, berfungsi sebagai antioksidan, dan dapat mengobati berbagai penyakit seperti penyakit jantung (mengurangi kekurangan oksigen di otot jantung), diabetes mellitus (kencing manis), darah tinggi, kolesterol,pengapuran pembuluh darah, asma/bengek dan memperpaiki fungsi hati,mempebaiki stamina dan juga sebagai terapi yang sangat aman dan efektif untuk mengatasi berbagai penyakit

33

PG

Peserta didik mampu menentukan kandungan yang dimiliki kulit singkong sebagai olahan pangan

34

PG

Peserta didik mampu menentukan manfaat dari daun ubi jalar

35

PG

Teknik Pengolahan Hail Samping serealia, kacang-kacangan, dan umbi

Peserta didik mampu menentukan teknik pengawetan biologis dari proses pembuatan tempe 

36

PG

Peserta didik mampu menentukan teknik pengawetan yang digunakan untu kentang beku

37

PG

Peserta didik mampu menentukan yang tidak termasuk pengawetan secara fisik (alami)

38

PG

Peserta didik mampu menentukan suhu yang digunakan untuk teknik pengawetan dengan cara  pendinginan

39

PG

Peserta didik mampu menetukan energi yang digunakan untuk teknik pengeringan pada pembuatan kerupuk gendar

40

PG

 

Disajikan ilustrasi gambar bahan dan alat yang digunakan untuk membuat olahan sambal glandir asam, peserta didik mampu menyebutkan nama bahan dan alat tersebut dengan benar

45

Uraian