Terbaru

Friday, May 21, 2021

Friday, May 21, 2021

Kisi - Kisi Penilaian Akhir Semester Genap - Dasar Perancangan Teknik Mesin

Bacalah kisi - kisi dengan seksama

Buatlah catatan untuk belajar agar mendapatkan hasil yang baik

Kisi - Kisi :

1.       Peserta didik dapat menyebutkan Alat pemampat udara atau pengahasil udara mampat (bacamateri)

2.       Peserta didik dapat menyebutkan Berdasarkan cara pemampatannya, kompresor dibedakan menjadi  (baca materi)

3.       Peserta didik dapat menyebutkan Kompresor jenis turbo menggunakan gaya  (baca materi)

4.       Peserta didik dapat menyebutkan jenis kompresor perpindahan yang dibedakan berdasarkan bentuk konstruksinya  (baca materi)

5.       Peserta didik dapat menyebutkan Berdasarkan kerja toraknya, kompresor dibagi menjadi (bacamateri)

6.       Peserta didik dapat menyebutkan Berdasarkan jumlah tingkatnya, kompresor sentrifugal dibagi menjadi (baca materi)

7.       Peserta didik dapat menyebutkan yang bukan bagian utama kompresor  (baca materi)

8.       Peserta didik dapat menyebutkan yang bukan kegunaan pompa  (baca materi)

9.       Peserta didik dapat menyebutkan Dilihat dari bentuk rumahnya, pompa dibedakan menjadi (bacamateri)

10.   Peserta didik dapat menyebutkan Dilihat dari bentuk impellernya, pompa dibedakan menjadi (baca materi)

11.   Peserta didik dapat menyebutkan Bagian pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mencegah kebocoran pada daerah di mana poros pompa menembus casing  (baca materi)

12.   Peserta didik dapat menyebutkan Bagian pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mencegah dan mengurangi kebocoran cairan dari casing pompa yang berhubungan dengan poros  (baca materi)

13.   Peserta didik dapat menyebutkan Bagian pompa sentrifugal yang berfungsi untuk mengubah energi mekanis dari pompa menjadi energi kecepatan pada cairan yang dipompakan secara kontinu  (baca materi)

14.   Peserta didik dapat menyebutkan gambar dari jenis pompa berdasar impellernya  (baca materi)

15.   Peserta didik dapat menyebutkan Poros engkol berputar searah jarum jam, torak bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) pada langkah kerja kompresor, dinamakan dengan langkah (bacamateri)

16.   Peserta didik dapat menyebutkan Listrik Dibedakan menjadi dua yaitu (baca materi)

17.   Peserta didik dapat menyebutkan Listrik dinamis dibagi menjadi dua yaitu (baca materi)

18.   Peserta didik dapat menyebutkan Listrik arus bolak balik juga disebut  dengan (baca materi)

19.   Peserta didik dapat menyebutkan Listrik arus searah juga disebut dengan (baca materi)

20.   Peserta didik dapat menyebutkan Baterai merupakan contoh dari listrik dengan arus (bacamateri)

21.   Peserta didik dapat menyebutkan Prinsip aliran arus listrik  (baca materi)

22.   Peserta didik dapat menyebutkan Simbol tahanan listrik  (baca materi)

23.   Peserta didik dapat menyebutkan Simbol Arus listrik  (baca materi)

24.   Peserta didik dapat menyebutkan Simbol tegangan listrik  (baca materi)

25.   Peserta didik dapat menyebutkan Satuan dari tahanan  (baca materi)

26.   Peserta didik dapat menghitung Sebuah rangkaian dipasang paralel, dengan R1 = 20ohm dan R2 = 15ohm. Sedangkan tegangannya 70V. Berapa besar tahanan totalnya (baca materi)

27.   Peserta didik dapat menghitung Sebuah rangkaian dipasang seri, dengan R1 = 20ohm dan R2 = 15ohm. Sedangkan tegangannya 70V. Berapa besar tahanan totalnya (baca materi)

28.   Peserta didik dapat menghitung Sebuah rangkaian dipasang seri, dengan R1 = 20ohm dan R2 = 15ohm. Sedangkan tegangannya 70V. Berapa besar arus yang mengalir (baca materi)

29.   Peserta didik dapat menghitung Sebuah rangkaian dipasang seri, dengan R1 = 20ohm dan R2 = 15ohm. Sedangkan tegangannya 70V. Berapa besar V1 (baca materi)

30.   Peserta didik dapat menghitung Sebuah rangkaian dipasang seri, dengan R1 = 20ohm dan R2 = 15ohm. Sedangkan tegangannya 70V. Berapa besar V2 (baca materi)

31.   Peserta didik dapat menyebutkan Daya listrik memiliki satuan (baca materi)

32.   Peserta didik dapat menyebutkan Berikut ini merupakan jenis rangkaian listrik (baca materi)

33.   Peserta didik dapat menyebutkan Hambatan yang terdapat didalam suatu penghantar yang dialiri arus listrik dinamakan (baca materi)

34.   Peserta didik dapat menyebutkan Satuan untuk banyaknya elektron  (baca materi)

35.   Peserta didik dapat menyebutkan 1 Ampere sama dengan (baca materi)

36.   Peserta didik dapat menyebutkan Sakelar yang bekerja berdasarkan kemagnetan dinamakan (bacamateri)

37.   Maksud dari kontaktor NC  (baca materi)

38.   Peserta didik dapat menyebutkan Rangkaian yang hanya menggambarkan bekerjanya kontaktor dengan kontak-kontak bantu dinamakan (baca materi)

39.   Peserta didik dapat menyebutkan Gambar yang merupakan alat bernama (baca materi)

40.   Peserta didik dapat menyebutkan Solid state relay (SSR) menggunakan kontrol (baca materi)

41.   Peserta didik dapat menyebutkan EMR singkatan dari (baca materi)

42.   Peserta didik dapat menyebutkan yang bukan keuntungan solid state relay  (baca materi)

43.   Peserta didik dapat menyebutkan Alat pengaman yang digunakan untuk memberikan keamanan pada motor jika terjadi beban berlebihan (over load) (baca materi)

44.   Peserta didik dapat menyebutkan beberapa penyebab terjadinya beban berlebihan, kecuali (baca materi)

45.   Peserta didik dapat menyebutkan Ilmu sesuau hal yang berhubungan dengan udara bertekanan  (baca materi)

46.   Peserta didik dapat menyebutkan Pneumatik menggunkan fluida berupa (baca materi)

47.   Peserta didik dapat menyebutkan Fungsi udara pada system pneumatik  (baca materi)

48.   Peserta didik dapat menyebutkan kelebihan menggunakan system pneumatik, kecuali (baca materi)

49.   Peserta didik dapat menyebutkan Hidrolik menggunakan fluida berupa (baca materi)

50.   Peserta didik dapat menyebutkan Istilah dari kemampuan cairan untuk mengalir  (baca materi)

Friday, May 21, 2021

Kisi-Kisi Penilaian Akhir Semester Genap 2021 - Teknik Pemesinan Frais

Bacalah kisi kisi ini dengan baik

Baca materi yang telah diberikan

Cobalah buat catatan untuk belajar agar nilai PAS mendapatkan hasil yang baik 

Kisi – Kisi :

1.       Peserta didik dapat menyebutkan Alat yang berfungsi untuk memegang benda kerja yang sedang disayat oleh pisau frais (baca materi)

2.       Peserta didik dapat menyebutkan Pengerjaan benda kerja yang berbentuk sederhana biasanya penyayatan mendatar saja dapat menggunakan jenis ragum  (baca materi)

3.       Peserta didik dapat menyebutkan Ragum yang dipergunakan menjepit benda kerja yang harus membetuk sudut terhadap (baca materi)

4.       Peserta didik dapat menyebutkan Pemegang benda kerja yang digunakan untuk membuat radius luar benda kerja  (baca materi)

5.       Peserta didik dapat menyebutkan Ragum yang memiliki dua sumbu putar  (baca materi)

6.       Peserta didik dapat menyebutkan Pemegang benda kerja untuk proses pembuatan benda segi banyak beraturan  (baca materi)

7.       Peserta didik dapat menyebutkan Untuk menyamakan tekanan benda kerja pada ragum, maka benda kerja dijepit dengan cara  (baca materi)

8.       Peserta didik dapat menyebutkan Proses pengefraisan sisi dimana lebar pisau frais lebih panjang daripada jarak kedua tepi benda kerja (baca materi)

9.       Peserta didik dapat menyebutkan Proses pengefraisan sisi dimana lebar pisau frais potong lebih kecl daripada lebar benda kerja. Pada proses pengefraisan ini bentuk yang dihasilkan berupa alur atau slot (baca materi)

10.   Peserta didik dapat menyebutkan Pengefraisan dimana pisau frais menyayat sisi tepi atau samping benda kerja (baca materi)

11.   Peserta didik dapat menyebutkan Pengefraisan dimana pisau frais menyayat kedua sisi tepi atau samping benda kerja (baca materi)

12.   Peserta didik dapat menyebutkan Pengefraisan dimana pisau frais potong yang digunakan memiliki ujung sayat/gigi dengan bentuk khusus. Proses pengefraisan ini akan menghasilkan benda kerja dengan bentuk potongan sesuai bentuk pisaunya (baca materi)

13.   Peserta didik dapat menyebutkan Pengefraisan di mana diameter alat potong lebih besar daripada benda kerja (baca materi)

14.   Peserta didik dapat menyebutkan Proses pengefraisan dimana pisau frais menggantung (overhang) pada salah satu sisi benda kerja (baca materi)

15.   Peserta didik dapat menyebutkan Proses pengefraisan dimana diameter pisau frais lebih kecil dari pada lebar benda kerja, sehingga hasil pengefraisan berbenuk alur atau slot (baca materi)

16.   Peserta didik dapat menyebutkan Proses pengefraisan yang memotong keliling luar benda kerja sehingga dihasilkan suatu bentuk tertentu (baca materi)

17.   Peserta didik dapat menyebutkan Proses pengefraisan yang memotong bagian tengah benda kerja sehingga menghasilkan bentuk tertentu tudak tembus/kantong (baca materi)

18.   Peserta didik dapat menyebutkan proses pengefraisan dengan alat potong yang ujungnya berbentuk bola. Pengefraisan ini dapat menghasilkan bentuk permukaan tiga dimensi (baca materi)

19.   Peserta didik dapat menyebutkan Bagian utama mesin frais yang berfungsi untuk memegang dan memutar pisau frais hingga menghasilkan putaran atau gerakan penyayatan atau pemotongan  (baca materi)

20.   Peserta didik dapat menyebutkan yang bukan dari jenis pengefraisan sisi (baca materi)

21.   Peserta didik dapat menyebutkan Kelebihan transmisi menggunakan roda gigi dibanding dengan transmisi lain (baca materi)

22.   Peserta didik dapat menyebutkan Kekurangan dari transmisi roda gigi (baca materi)

23.   Peserta didik dapat menyebutkan Nama lain dari spur gear (baca materi)

24.   Peserta didik dapat menyebutkan Standar roda gigi menganut aturan (baca materi)

25.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar modul, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 1 (baca materi)

26.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar modul, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 2 (baca materi)

27.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar modul, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 3 (baca materi)

28.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar modul, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 4 (baca materi)

29.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar modul, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 5 (baca materi)

30.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar modul, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 6 (baca materi)

31.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar modul, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 7 (baca materi)

32.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar modul, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 8 (baca materi)

33.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar Diameter Picth, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 1 (baca materi)

34.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar Diameter Picth, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 2 (baca materi)

35.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar Diameter Picth, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 3 (baca materi)

36.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar Diameter Picth, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 4 (baca materi)

37.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar Diameter Picth, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 5 (baca materi)

38.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar Diameter Picth, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 6 (baca materi)

39.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar Diameter Picth, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 7 (baca materi)

40.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar Diameter Picth, berapakah gigi yang dapat dibuat dengan menggunakan pisau modul nomor 8  (baca materi)

41.   Peserta didik dapat menyebutkan Dengan menganut standar modul, jika akan membuat rack gear maka mengunakan pisau modul nomor (baca materi)

42.   Peserta didik dapat meyebutkan Istilah lain dari addendum  (baca materi)

43.   Peserta didik dapat menghitung Berapa tinggi kepala gigi yang akan membuat roda gigi dengan Z=20 menggunakan m=1,5  (baca materi)

44.   Peserta didik dapat menghitung Berapakah diameter luar yang diperlukan untuk membuat roda gigi dengan Z=20 dan m=2  (baca materi)

45.   Peserta didik dapat menghitung Berapakah diamater tusuk jika akan membuat roda gigi dengan Z=85 menggunakan m=1,75  (baca materi)

46.   Peserta didik dapat menghitung Berapakah tinggi diamater kaki gigi jika menggunakan standar DIN dengan menggunakan modul = 2  (baca materi)

47.   Peserta didik dapat menghitung Berapakah tinggi gigi jika menggunakan standar DIN dengan menggunakan modul 1,5  (baca materi)

48.   Peserta didik dapat menghitung Berapakah jarak antar gigi pada rack gear dengan menggunakan modul 2  (baca materi)

49.   Peserta didik dapat menghitung Jika akan membuat rack gear dengan jumlah gigi 18 buah dengan menggunakan modul 2, berapa panjang total rack gear   (baca materi)

50.   Peserta didik dapat menyebutkan Pembuatan rack gear dilakukan menggunakan jenis pemegang benda kerja berupa (baca materi)


Friday, April 30, 2021

Friday, April 30, 2021

06. SKK Penabung untuk Pramuka Penegak/Pandega

 06. SKK Penabung untuk Pramuka Penegak/Pandega

  1. telah memenuhi SKK Penabung untuk Siaga,
  2. seluruh atau sebagian uang yang ditabung dalam buku tabungannya adalah uang yang diperoleh dari hasil usahanya sendiri,
  3. dapat membantu mengurus administrasi buku-buku Tabungan Pramuka di Perindukan Siaga atau Pasukan Penggalang.
  4. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka Siaga, sehingga mencapai TKK Penabung.
Untuk mencapai SKK Penabung tingkat Madya, seorang Pramuka Penegak/Pandega harus:
  1. telah memenuhi SKK Penabung Tingkat Purwa,
  2. dapat menjelaskan kepada Pramuka lain cara menabung dalam bank lewat Tabanas, buku Tabungan Pramuka atau buku Tabungan Pelajar,
  3. dapat menjelaskan kepada Pramuka lain perbedaan antara menabung di celengan dan menabung di bank lewat Tabanas, buku Tabungan Pramuka dan buku Tabungan Pelajar.
  4. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka, sehingga mencapai TKK Penabung Tingkat Purwa.

Untuk mencapai  SKK Penabaung tingkat Utama, seorang Pramuka Penegak/Pandega harus:
  1. telah memenuhi SKK Penabung Tingkat Madya,
  2. dapat merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan suatu sandiwara kecil atau suatu ceramah tentang menabung untuk para Pramuka atau orang-orang lain,
  3. mengerti arti beberapa istilah yang biasa digunakan dalam perbankan, misalnya: rekening giro, rekening deposito, sertifikat bank, cheque, traveller cheque dan lain-lain.
  4. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka, sehingga mencapai TKK Penabung Tingkat Madya.

Friday, April 30, 2021

05. Syarat Kecakapan Khusus Berkemah untuk Pramuka Penegak Pandega.

 05. Syarat Kecakapan Khusus Berkemah untuk Pramuka Penegak Pandega.

Gambar TKK  Berkemah  untuk Pramuka Penegak/Pandega :


Untuk mencapai SKK Berkemah, seorang  Pramuka  Penegak dan Pandega harus :
  1. sedikitnya sudah tiga kali mengikuti perkemahan sehari semalam (misalnya Perkemahan Sabtu Minggu = Persami), dan satu kali perkemahan yang lebih dari dua malam,
  2. dapat memperlihatkan cara menyusun isi kantong punggung (rugzak-ransel) dengan baik dan rapi,
  3. mengetahui dan dapat mendirikan tenda regu (untuk 6-10orang), dengan rapi dan benar, termasuk pemakaian simpul dan pembuatan paritnya,
  4. mengetahui dan dapat mengatur perkemahan regu/sangganya (mengatur barang-barang dalam tenda, isi tenda dapur barang-barang di rak piring, rak sepatu, dan lain-lain),
  5. mengetahui dan dapat menjaga kebersihan perkemahan regu/sangganya, termasuk pembuatan tempat sampah basah dan sampah kering, serta membawa pulang ke rumah alat-alat dapur dan barang lainnya dalam keadaan bersih.
  6. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka Siaga sehingga mencapai TKK Berkemah.
Untuk mencapai SKK Berkemah Tingkat Madya, seorang Pramuka Penegak/Pandega harus:
  1. telah memenuhi Syarat Kecakapan Khusus Berkemah Tingkat Purwa,
  2. tahu keperluan perlengkapan berkemah untuk perorangan dan regu/sangganya,
  3. mengetahui dan dapat mengatur perkemahan regu/sangganya, yaitu: (a) dapat menempatkan letak tenda tidur, tenda dapur, tiang jemuran, rak piring, rak sepatu, tempat sampah dan sebagainya, sesuai dengan keadaan empat, arah angin dan arah sinar matahari, (b)   dapat mengatur aliran air hujan.
  4. dapat mendirikan berbagai macam tenda, misalnya tenda tidur, tenda dapur, tenda makan, tenda beratap ganda (double dek), melipat, serta memelihara tenda regu,
  5. dapat membuat pagar, tiang jemuran, rak piring, rak sepatu dan lain-lain secara sederhana.
  6. dapat membuat pembagian tugas kerja bagi anggota sangganya atau Regu Penggalang,
  7. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka, sehingga mencapai TKK Berkemah Tingkat Purwa.

Untuk mencapai SKK Berkemah tingkat Utama, seorang Pramuka Penegak Pandega harus:
  1. telah mencapai Syarat Kecakapan Khusus Berkemah Tingkat Madya,
  2. tahu keperluan perlengkapan berkemah untuk pasukan, dan peraturan serta syarat-syarat perkemahan yang baik,
  3. dapat mengatur letak perkemahan regu/sangga dalam pasukan/ambalannya, termasuk menentukan letak lapangan upacara dan tempat berlatih,
  4. tahu cara penentuan tempat sanitasi tempat mandi, cuci dan kakus),
  5. dapat mendirikan tenda besar dari kain terpal, atau membuat tenda darurat dari bahan yang ada di sekitarnya,
  6. tahu syarat-syarat perkemahan yang baik, dan: (a)  dapat mencari tempat berkemah yang memenuhi syarat perkemahan, (b)  dapat mengusahakan air minum yang sehat di perkemahan, (c)    mengetahui usaha untuk mendapat izin orang tua, kwartir, pemerintah setempat dan pemilik tanah serta tempat-tempat lainnya.
  7. dapat menyusun acara Perkemahan Penggalang/Penegak/Pandega, untuk sedikitnya selama 24 jam,
  8. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka, sehingga mencapai TKK Berkemah Tingkat Madya.


Friday, April 30, 2021

04. SKK Juru Masak untuk Pramuka Penegak Pandega

 04. SKK Juru Masak untuk Pramuka Penegak Pandega

Gambar TKK Juru Masak untuk Pramuka Penegak/Pandega :


Untuk mencapai  SKK Juru Masak tingkat Purwa, seorang Pramuka Penegak/Pandega harus:
  1. dapat membuat dapur dan tahu syarat-syaratnya,
  2. mengetahui cara dan dapat membuat api terbuka dengan kayu-tanpa minyak,
  3. dapat menghidangkan masakan untuk orang, yang terdiri dari : (a) nasi, (b)  satu jenis lauk kering ( unter atau bakar, tanpa kuah ), (c) satu jenis hidangan pencuci mulut, (d)  minuman the atau kopi panas;
  4. mengetahui cara menyimpan makanan menurut peraturan kesehatan,
  5. pernah membantu juru masak di suatu perkemahan 24 jam.
  6. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka Siaga sehingga mencapai TKK Juru Masak.
Untuk mencapai SKK Juru Masak tingkat Madya, seorang Pramuka Penegak/Pandega harus:
  1. telah mencapai Tanda Kecakapan Khusus Juru Masak Tingkat Purwa,
  2. tahu cara dan telah menyusun beberapa menu beserta bahan-bahan keperluannya, untuk satu regu yang berkemah selama maksimal 3x24 jam, dengan mengingat 4 sehat 5 sempurna,
  3. tahu cara dan dapat mengawetkan satu jenis makanan/bahan makanan,
  4. dapat menghidangkan masakan untuk satu regu, yang terdiriari: (a) nasi, (b) satu jenis lauk kering (tanpa kuah,  unter, rebus, bakar,kukus, dan lain-lain), (c) satu jenis lauk dengan kuah (sayur), (d) satu jenis hidangan pencuci mulut, (e) minuman.
  5. telah melatih seorang Pramuka sehingga mencapai Tanda Kecakapan Khusus Juru Masak Tingkat Purwa.
Untuk mencapai SKK Juru Masak tingkat Utama, seorang Pramuka Penegak/Pandega harus:
  1. telah memenuhi Syarat-syarat Kecakapan Khusus Juru Masak Tingkat Madya,
  2. mengetahui cara dan telah menyusun menu untuk keperluan perkemahan satu regu selama 6x24 jam (lengkap dengan keperluan peralatan dan bahan) dengan mengingat 4 sehat 5 sempurna,
  3. mengetahui nilai gizi beberapa jenis bahan makanan,
  4. mengetahui cara dan dapat mengawetkan paling sedikit dua jenis makanan/bahan makanan supaya tahan selama 1 minggu.
  5. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka sehingga mencapai TKK Juru Masak Tingkat Madya.

Friday, April 30, 2021

03. SKK Pengamat untuk Pramuka Penegak dan Pandega.

 03. SKK Pengamat untuk Pramuka Penegak dan Pandega.

Gambar TKK Pengamat untuk Pramuka Penegak/Pandega :


Untuk mencapai SKK Pengamat tingkat Purwa, seorang Pramuka Penegak/Pandega harus:
  1. dapat mengingat 10 dari 15 macam benda yang dilihatnya dalam 1 menit (dilakukan dua kali percobaan dengan benda-benda yang berlainan),
  2. dapat mengenal dan mengingat sedikitnya 7 dari 10 macam benda-benda yang dirabanya, dicium, dikecap dengan lidah dan suara yang didengarnya,
  3. dapat mengikuti jejak sejauh 3 km, dengan menggunakan tanda jejak sederhana dari bahan alam sekitarnya, dan dapat mencatat sedikitnya 70% dari seluruh tanda yang dibuar penguji;
  4. (a) mengetahui dan mencatat cara dan kebiasaan hidup jenis binatang yang hidup di sekitarnya; atau (b) mengetahui nama dan mengenal 10 macam tumbuh-tumbuhan/sayur-sayuran/buah-buahan yang biasa digunakan manusia dan tumbuh di daerahnya; atau (c) mengetahu 1 nama dan mengenal beberapa macam jamur (fungsi) yang dapat dimakan atau yang beracun, yang tumbuh di daerahnya. 
  5. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka Siaga, sehingga mencapai TKK Pengamat.
Untuk mencapai SKK Pengamat tingkat Madya, seorang Pramuka Penegak/Pandega harus:
  1. telah memenuhi SKK Pengamat Tingkat Purwa,
  2. dapat mengingat sedikitnya 12 dari 18 benda yang dilihatnya dalam 1 menit, misalnya barang-barang dagangan di warung, macam-macam tanaman di kebun, dan sebagainya (dilakukan dua kali percobaan dengan benda berlainan),
  3. dapat mengenal dan mengingat sedikitnya 9 dari 12 macam benda yang diraba, dicium, dikecap dengan lidah, dan suara yang didengarnya,
  4. dapat mengikuti jejak sejauh 5 km, dengan menggunakan tanda jejak dan surat-surat penunjuk jalan, serta dapat mengingat kembali tiga di antara Iima tempat-tempat penting yang dilewatinya, misalnya mesjid/gereja, pasar, poliklinik, rumahsakit, dokter dan lain-lain,
  5. bersama seorang kawan dapat membuat laporan/tertulis tentang suatu kejadian/peristiwa yang dilihatnya dan berlangsung kira-kira lima menit.
  6. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka, sehingga mencapai TKK Pengamat Tingkat Purwa.
Untuk mencapai SKK Pengamat tingkat Utama, seorang Pramuka Penegak/Padega harus:
  1. telah memenuhi SKK Pengamat Tingkat Madya,
  2. dapat mengingat 15 dari 20 macam benda yang dilihatnya selama 1 menit, misalnya barang-barang di toko/pasar, makanan di meja pesta, peserta suatu rapat, Pramuka dalam latihan dan sebagainya,
  3. dapat mengikuti jejak sejauh 5 km, dengan menggunakan peta, kompas dan surat-surat penunjuk jalan; sesudah sampai di tempat terakhir dapat menunjukkan dalam peta itu letak dari (sedikitnya) 3 di antara 5 tempat penting yang dilewatinya, misalnya mesjid/gereja, sekolah rumah sakit/dokter, pasar,bengkel dan sebagainya,
  4. telah mengamati suatu tempat/ruang, mendengar suara, meraba, mencium barang-barang dalam ruang itu dalarn waktu seluruhnya 5 menit, kemudian bersama dua orang kawan lainnya harus dapat melaporkan "dugaan" tentang peristiwa yang terjadi di tempat itu, dan kira-kira 60% benar.
  5. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka, sehingga mencapai TKK Pengamat Tingkat Madya.

Friday, April 30, 2021

02. SKK Pengatur Rumah untuk Pramuka Penegak dan Pandega.

 02. SKK Pengatur Rumah untuk Pramuka Penegak dan Pandega.

Gambar TKK Pengatur Rumah untuk Pramuka Penegak/Pandega :


Untuk mencapai SKK Pengatur Rumah tingkat Purwa, seorang Pramuka Penegak/Pandega harus:
  1. dapat mengatur isi dan menghias suatu ruangan secara sederhana, tetapi berseni (artistik), dengan memperhatikan komposisi, bentuk dan warna ruang tamu, ruang tidur, ruang belajar, ruang makan, ruang tunggu, atau ruang lainnya,
  2. dapat membuat sedikitnya dua macam hiasan sederhana dari barang-barang yang ada di sekitarnya, misalnya dengan menggunakan bunga kebun, kertas, batu, buah-buahan, tanaman, dahan-dahan, atau bahan-bahan lainnya,
  3. mengerti cara mengatur lampu penerangan dan peredaran udara(ventilasi).
  4. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka Siaga, sehingga mencapai TKK Pengatur Ruangan.
Untuk mencapai SKK Pengatur Rumah tingkat Madya, seorang Pramuka Penegak/Pandega harus:
  1. Sudah memenuhi SKK Pengatur Rumah Tingkat Purwa,
  2. dapat mengatur dan menghias ruangan untuk: (a)    rapat, pertemuan, atau konfrensi, (b)    perayaan sekolah, kampung, mesjid, atau gereja, dan lain-lain. (c)  ruang istirahat, ruang rekeasi, atau operation room, dan lain-lain;
  3. (a) dapat menyusun bunga untuk meja tamu, pesta, kematian, atau penghargaan pada orang lain, dan lain-lain, atau  (b) dapat membuat sedikitnya tiga macam benda hiasan, misalnya dengan menggunakan bambu, tempayan, payung, janur, tempurung, sabut atau kayu, dan lain-lain.
  4. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka, sehingga mencapai TKK Pengatur Rumah Tingkat Purwa.
Untuk mencapai SKK Pengatur Rumah tingkat Utama, seorang Pramuka Penegak/Pandega harus:
  1. telah memiliki TKK Pengatur Rumah Tingkat Madya, 
  2. dapat mengatur dan menghias: (a)  ruangan tamu pada peralatan perkawinan atau khitanan, (b)   ruang pengantin atau khitanan, (c)  kursi mempelai atau panggung, dengan memperhatikan keadaan ruang, jumlah undangan, jalan untuk tamu dan pembawa konsumsi, tempat pidato, tempat pertunjukan kesenian, dan lain-lain;
  3. dapat memelihara dan membersihkan perabot rumah tangga, supaya tahan lama dan kelihatan tetap baru! misalnya meja kursi, patung almari, barang dari logam, dari gelas atau kaca, dan lain-lain;
  4. dapat mengatur dan mengubah ruangan pameran (etalase) sesuai dengan keadaan dan kebutuhan pada saat itu, misalnya pada peringatan 17 Agustus, pada hari ulang tahun, peringatan Natal, hari Raya Idul Fitri, dan lain-lain.
  5. telah melatih sedikitnya seorang Pramuka, sehingga mencapai TKK Pengatur Rumah Tingkat Madya.