IV. Aplikasi Hidrolik pada Kendaraan Ringan
A. Sistem
Rem Hidrolik
Komponen
Sistem Rem Hidrolik
1.
Master Cylinder: Menghasilkan tekanan hidrolik
ketika pedal rem ditekan dan mengirimkan tekanan tersebut ke sistem rem.
2.
Caliper Rem: Menerapkan tekanan hidrolik pada
bantalan rem untuk mendorong bantalan rem ke cakram rem.
3.
Cakram Rem: Menggunakan gaya gesekan untuk
memperlambat atau menghentikan pergerakan kendaraan.
4.
Drum Rem: Menggunakan gaya gesekan untuk
memperlambat atau menghentikan pergerakan kendaraan pada sistem rem drum.
Proses
Kerja Sistem Rem Hidrolik
1.
Ketika pengemudi menginjak pedal rem, master
cylinder menghasilkan tekanan hidrolik yang mengalir ke caliper rem atau
silinder rem drum.
2.
Tekanan hidrolik ini mendorong piston di caliper
rem atau silinder rem drum, mendorong bantalan rem ke cakram rem atau drum rem.
3.
Gaya gesekan antara bantalan rem dan cakram rem
atau drum rem menghasilkan pengereman yang memperlambat atau menghentikan
pergerakan kendaraan.
B. Sistem
Kemudi Hidrolik
Komponen
Sistem Kemudi Hidrolik
1.
Power Steering Pump: Memompa cairan hidrolik ke
sistem kemudi.
2.
Power Steering Gear: Mengubah gerakan putar setir
menjadi gerakan linier untuk mengatur roda depan.
3.
Power Steering Fluid: Cairan hidrolik yang
mengalir di dalam sistem untuk mentransfer tekanan dan mengurangi gesekan.
Proses
Kerja Sistem Kemudi Hidrolik
1.
Ketika pengemudi memutar setir kemudi, power
steering pump menghasilkan tekanan hidrolik yang dikirim ke power steering
gear.
2.
Tekanan hidrolik ini menggerakkan power steering
gear yang mengubah gerakan putar menjadi gerakan linier.
3.
Gerakan linier dari power steering gear
mengarahkan roda depan sesuai dengan arah yang diinginkan oleh pengemudi,
membuat kendaraan ringan mudah dikemudikan.
Materi: Hidrolik pada Teknik Kendaraan Ringan
II. Komponen Sistem Hidrolik pada Kendaraan Ringan
III. Prinsip Kerja Sistem Hidrolik pada Kendaraan Ringan
IV. Aplikasi Hidrolik pada Kendaraan Ringan
V. Pemeliharaan dan Perawatan Sistem Hidrolik pada KendaraanRingan
VI. Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Sistem Hidrolik padaKendaraan Ringan
VII. Keselamatan dalam Penggunaan Sistem Hidrolik padaKendaraan Ringan
VIII. Inovasi Terkini dalam Teknologi Hidrolik pada KendaraanRingan
IX. Sistem Suspensi Hidrolik pada Kendaraan Ringan
X. Sistem Pengangkatan Hidrolik (Hydraulic Lift System)
XI. Sistem Transmisi Hidrolik pada Kendaraan Ringan
XII. Studi Kasus: Analisis Kerusakan dan Perbaikan SistemHidrolik pada Kendaraan Ringan
No comments:
Post a Comment
Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...