Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap
spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui
pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan
memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta
didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kerja Produk
Kreatif dan Kewirausahaan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. |
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kerja Produk Kreatif dan Kewirausahaan Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas
yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan
solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung. |
Mata Pelajaran :
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
No |
KOMPETENSI DASAR (4) |
Materi |
|
1 |
Memahami sikap dan perilaku
wirausahawan |
Mempresentasi kan sikap dan perilaku
wirausahawan |
|
2 |
Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa |
Menentukan peluang usaha produk barang/jasa |
|
3 |
Memahami hak atas
kekayaan intelektual |
Mepresentasikan hak atas kekayaan intelektual |
|
4 |
Menganalisis konsep desain/
prototype dan kemasan produk
barang/jasa |
Membuat desain/ prototype dan kemasan produk barang/jasa |
|
5 |
Menganalisis proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa |
Membuat alur dan proses kerja pembuatan
prototype produk barang/jasa |
|
6 |
Menganalisis lembar kerja /gambar kerja untuk pembuatan prototype produk
barang/jasa |
Membuat lembar kerja /gambar kerja untuk
pembuatan prototype produk barang/jasa |
B4CA MATERI |
7 |
Menganalisis biaya produksi prototype produk barang/jasa |
Menghitung biaya produksi prototype produk
barang/jasa |
B4CA MATERI |
8 |
Menerapkan proses kerja pembuatan prototype produk barang/jasa |
Membuat
prototype produk barang /jasa |
B4CA MATERI |
9 |
Menentukan pengujian kesesuaian fungsi
prototype produk barang/jasa |
Menguji prototype produk barang/ jasa |
B4CA MATERI |
10 |
Menganalisis
perencanaan produksi massal |
Membuat
perencanaan produksi massal |
|
11 |
Menentukan indikator keberhasilan tahapan
produksi massal |
Membuat indikator keberhasilan tahapan produksi
missal |
|
12 |
Menerapkan proses produksi massal |
Melakukan produksi massal |
|
13 |
Menerapkan metoda perakitan produk barang/jasa |
Melakukan perakitan produk barang/jasa |
|
14 |
Menganalisis
prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa |
Melakukan
pengujian produk barang/jasa |
|
15 |
Mengevaluasi
kesesuaian hasil produk dengan rancangan |
Melakukan
pemeriksaan produk sesuai dengan kriteria kelayakan produk/standar
operasional |
|
16 |
Memahami paparan
deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa |
Menyusun paparan
deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa |
|
17 |
Menentukan media
promosi |
Membuat media promosi berdasarkan segmentasi
pasar |
B4CA MATERI |
18 |
Menyeleksi
strategi pemasaran |
Melakukan pemasaran |
B4CA MATERI |
19 |
Menilai perkembangan usaha |
Membuat
bagan perkembangan usaha |
B4CA MATERI |
20 |
Menentukan standard laporan keuangan |
Membuat Laporan
Keuangan |
B4CA MATERI |
No comments:
Post a Comment
Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...