Terbaru

Wednesday, May 26, 2021

Kisi Kisi Penilaian Akhir Semester Genap Prakarya SMP

 Jenjang Pendidikan : Pendidikan Menengah

Kelas/Semester : VIII/II

Mata Pelajaran : Prakarya

Kurikulum Acuan : Kurikulum 2013

Alokasi Waktu : 90 menit

Jumlah Soal : 45 soal

Bentuk Soal : 40 Pilihan ganda 5 Uraian

Materi : 

Materi 1 (lihat materi)

Materi 2 (lihat materi)

Materi 3 (lihat materi)

Materi 4 (lihat materi)

Materi 5 (lihat materi)

Materi 6 (lihat materi)


Materi

Indikator Butir Soal

No Soal

Bentuk Soal

Pengertian pengolahan bahan setengah jadi

Peserta didik dapat menunjukkan pengertian pengolahan bahan setengah jadi

1

 

PG

 

Pengertian serealia, kacang-kacangan, dan umbi serta contohnya

Peserta didik mampu menunjukkan pengertian serealia

2

PG

Peserta didik mampu menunjukkan contoh biji-bijian serealia

3

 

PG

 

Peserta didik mampu menunjukkan contoh kacang-kacangan

4

PG

Peserta didik mampu menunjukkan jenis umbi

5

PG

 

Disajikan ilustrasi serealia, peserta didik mampu menyebutkan contoh dari serealia

41

Uraian

Olahan pangan setengah jadi dari serealia, kacang-kacangan, dan umbi

Peserta didik mampu menunjukkan olahan setengah jadi dari serealia dengan bentuk butiran halus

6

 

PG

 

Peserta didik mampu menunjukkan olahan pangan setengah jadi dari umbi dengan bentuk pipih

7

PG

Peserta didik mampu menunjukkan bahan utama rengginang

8

PG

Peserta didik mampu menunjukkan olahan setengah jadi dari jagung

9,10

PG

Peserta didik mampu menunjukkan bahan dari pop corn

11

PG

Peserta didik mampu menunjukkan olahan setengah jadi dari umbi dengan bentuk butiran besar

12

 

PG

 

Peserta didik mampu menunjukkan bentuk olahan setengah jadi (makaroni)

13

PG

Peserta didik mampu menunjukkan olahan pangan setengah jadi dari serealia dengan bentuk pipih tipis

14

PG

 

Peserta didik mampu menyebutkan produk olahan setengah jadi dari serealia dengan bentuk butiran halus

42

Uraian

Pengelompokan zat gizi

Peserta didik mampu menunjukkan arti “ghidza”

15

PG

Peserta didik mampu menunjukkan contoh zat gizi protein

16

PG

Peserta didik mampu menunjukkan zat gizi pada gandum

17

PG

Olahan dari bahan setengah jadi

Peserta didik mampu menunjukkan jenis makanan yang dihasilkan dari jenis serealia (dengan bentuk butiran halus)

18

PG

Peserta didik mampu menunjukkan jenis kacang-kacangan yang biasa digunakan di minuman ronde

19

PG

Peserta didik mampu menunjukkan asal kue Adee

20

PG

Peserta didik mampu menunjukkan asal Jenang

21

PG

Teknik pengolahan

Peserta didik mampu menunjukkan teknik memasak yang digunakan untuk memasak nasi jagung

22

PG

Peserta didik mampu menunjukkan teknik memasak yang digunakan untuk membuat Jasuke

23

PG

Peserta didik mampu menunjukkan teknik memasak yang digunakan untuk membuat bakpia

24

PG

Peserta didik mampu menunjukkan teknik memasak yang digunakan untuk menggoreng rengginang

25

PG

 

Disajikan ilustrasi gambar proses pembuatan tempe, peserta didik mampu menjelaskan langkah-langkah pembuatan tempe dengan bahasanya sendiri

43

Uraian

Disajikan gambar olahan pangan, peserta didik mampu menunjukkan nama olahan tersebut

26

PG

Disajikan gambar olahan pangan, peserta didik mampu menentukan teknik memasak yang digunakan

27

PG

Disajikan gambar olahan pangan, peserta didik mampu menentukan alat saji tradisional yang tepat digunakan

28

PG

Disajikan langkah-langkah pembuatan bubur sum-sum secara acak, peserta didik mampu mengurtkan langkah-langkah dengan benar

44

Uraian

Jenis dan manfaat hasil samping serealia, kacang-kacangan, dan umbi

Peserta didik mampu menunjukkan hasil samping dari padi yang dapat digunakan untuk bahan utama membuat bolu ataupun kue kering

29

PG

Peserta didik mampu menunjukkan gambar yang merupakan hasil samping dari singkong

30

PG

Peserta didik mampu menunjukkan gambar yang merupakan hasil samping dari kacang kedelai

31

PG

Peserta didik mampu menunjukkan gambar yang merupakan hasil samping dari ubi jalar

32

PG

Peserta didik mampu menentukan hasil samping yang memiliki manfaat Dapat melancarkan pencernaan,membantu sirkulasi darah, berfungsi sebagai antioksidan, dan dapat mengobati berbagai penyakit seperti penyakit jantung (mengurangi kekurangan oksigen di otot jantung), diabetes mellitus (kencing manis), darah tinggi, kolesterol,pengapuran pembuluh darah, asma/bengek dan memperpaiki fungsi hati,mempebaiki stamina dan juga sebagai terapi yang sangat aman dan efektif untuk mengatasi berbagai penyakit

33

PG

Peserta didik mampu menentukan kandungan yang dimiliki kulit singkong sebagai olahan pangan

34

PG

Peserta didik mampu menentukan manfaat dari daun ubi jalar

35

PG

Teknik Pengolahan Hail Samping serealia, kacang-kacangan, dan umbi

Peserta didik mampu menentukan teknik pengawetan biologis dari proses pembuatan tempe 

36

PG

Peserta didik mampu menentukan teknik pengawetan yang digunakan untu kentang beku

37

PG

Peserta didik mampu menentukan yang tidak termasuk pengawetan secara fisik (alami)

38

PG

Peserta didik mampu menentukan suhu yang digunakan untuk teknik pengawetan dengan cara  pendinginan

39

PG

Peserta didik mampu menetukan energi yang digunakan untuk teknik pengeringan pada pembuatan kerupuk gendar

40

PG

 

Disajikan ilustrasi gambar bahan dan alat yang digunakan untuk membuat olahan sambal glandir asam, peserta didik mampu menyebutkan nama bahan dan alat tersebut dengan benar

45

Uraian

No comments:

Post a Comment

Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...