A. Jenis-jenis Kompresor
Kompresor merupakan jenis peralatan teknik yang penting
untuk dipelajari karena kompresor merupakan salah satu peralatan yang banyak
digunakan di perindustrian. Sehingga mampu mengoprasikan dan memahami prinsip kerja
kompresor merupakan hal yang penting bagi siswa-siswi SMK sebagai bekal terjun
ke dunia kerja.
Pengertian kompresor adalah alat pemampat udara atau
penghasil udara mampat. Karena proses pemampatan, udara mempunyai tekanan yang
lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara di sekitarnya (1 atm). Dalam
aplikasinya, kita sering memanfaatkan udara mampat ini baik secara langsung
atau tidak langsung. Sebagai contoh, udara mampat untuk membersihkan bagian-bagian
mesin yang kotor di bengkel-bengkel dan manfaat lain yang sering dijumpai
sehari-hari.
Pada industri, penggunaan kompresor sangat penting, baik
sebagai penghasil udara mampat atau sebagai satu kesatuan dari mesin-mesin.
Kompresor banyak dipakai untuk mesin pneumatik,
sedangkan yang menjadi satu dengan mesin yaitu turbin gas, mesin pendingin, dan
lainnya.
Dengan mengambil contoh kompresor sederhana, yaitu pompa
ban sepeda atau mobil, prinsip kerja kompresor dapat dijelaskan sebagai
berikut. Jika torak pompa ditarik ke atas, tekanan dibawah silinder akan turun
sampai di bawah tekanan atmosfer sehingga udara akan masuk melalui celah katup
hisap yang kendur. Katup terbuat dari kulit lentur, dapat mengencang dan
mengendur dan dipasang pada torak. Setelah udara masuk pompa kemudian torak
turun ke bawah dan menekan udara, sehingga volumenya menjadi kecil.
Tekanan menjadi naik terus sampai melebihi tekanan di
dalam ban. Hal ini mengakibatkan udara mampat masuk ke dalam ban melalui katup
(nipple). Karena diisi udara mampat
terus-menerus, tekanan di dalam ban menjadi naik. Sehingga dapat disimpulkan,
proses pemampatan terjadi karena perubahan volume pada udara yaitu menjadi
lebih kecil dari kondisi awal.
Gambar 7.1 Pompa Ban
(Sumber: Sunyoto)
Prinsip kerja kompresor dan pompa adalah sama, kedua
mesin konversi energi tersebut menggunakan energi luar kemudian diubah menjadi
energi fluida. Pada pompa, pada nosel keluarnya energi kecepatan diubah menjadi
energi tekanan, begitu juga kompresor pada katup ke luar udara mampat mempunyai
energi tekanan yang besar. Hukum-hukum yang berlaku pada pompa dapat
diaplikasikan pada kompresor.
Berbeda dengan pompa yang jenisnya berdasarkan pola
aliran, jenis kompresor biasanya berdasarkan tekanannya atau cara
pemampatannya. Klasifikasi kompresor udara dapat dicermati pada gambar berikut:
Gambar 7.2 Tipe-Tipe
Kompresor
(Sumber: Modul jenis
dan cara kerja kompresor)
Kompresor berdasarkan cara pemampatannya dibedakan
menjadi dua jenis, yaitu jenis turbo
dan jenis perpindahan. Jenis turbo
menggunakan gaya sentrifugal yang
diakibatkan oleh putaran impeller
sehingga udara mengalami kenaikan energi yang akan diubah menjadi energi
tekanan
Sedangkan jenis perpindahan, dengan memperkecil volume
udara yang dihisap ke dalam silinder atau stator dengan torak atau sudu.
Kompresor yang dibedakan berdasarkan tekanannya adalah kompresor untuk pemampat
(tekanan tinggi), blower untuk peniup
(tekanan sedang), dan fan untuk kipas (tekanan rendah). Berbeda dengan jenis turbo, kompresor jenis perpindahan (displacement) beroperasi pada tekanan
sedang sampai tinggi. Kompresor jenis perpindahan dibedakan berdasarkan bentuk
konstruksinya, antara lain:
a.
Kompresor sekrup
b.
Kompresor sudu luncur
c.
Kompresor roots
(Sumber: google.com)
Gambar 7.4 Kompresor
Sudu Luncur
(Sumber: Sunyoto)
Gambar 7.5 Kompresor
Roots
(Sumber: Sunyoto)
Kompresor dibagi berdasarkan kerja toraknya, antara lain:
kompresor torak kerja tunggal dan kompresor torak kerja ganda.
Gambar 7.6 Kompresor Torak
Kerja Tunggal
(Sumber: Sunyoto)
Gambar 7.7 Kompresor
Torak Kerja Ganda
(Sumber: Sunyoto)
Kompresor sentrifugal
dibagi berdasarkan jumlah tingkatnya, antara lain: kompresor sentrifugal satu tingkat dan kompreosr sentrifugal banyak tingkat.
Gambar 7.8 Kompresor Sentrifugal
Satu Tingkat
(Sumber: Sunyoto)
Gambar 7.9 Kompresor
Sentrifugal Banyak Tingkat
(Sumber: Sunyoto)
No comments:
Post a Comment
Silahkan Beri komentar dengan sopan...
Komentar tidak boleh mengandung sara...
Terimakasih...